Saturday, 16 February 2013

pertanyaan monbukagakusho

12 Mei 2010 berkas paling lambat sudah dikumpulkan. Selama satu bulan lebih menunggu pengumuman lulus dokumen atau tidak, saya pakai untuk persiapan tes tulis yaitu belajar bahasa inggris dan bahasa Jepang. Soal-soal tahun kemarin saya download dan persiapan presentasi untuk wawancara. Sebegitu yakinkah saya untuk sampai tahap lulus dokumen? Entahlah,  ketika itu, saya sudah tidak lagi memikirkan mengenai hasilnya. Jarak antara pengumuman kelulusan dokumen dengan tes tulis dan wawancara hanya satu minggu, daripada kewalahan nanti, jadi dicicil dari awal.
Senin 21 Juni 2010, Allah memberi kesempatan saya lagi untuk maju ke tahap selanjutnya. Ada 100 pelamar yang terpilih dalam seleksi dokumen. Kata pihak kedutaan, tahun ini pelamar yang apply beasiswa ini paling banyak diantara tahun-tahun sebelumnya sekitar 800 pelamar. 
  Tes Tulis Senin 28 Juni 2010
Diselenggarakan di Pusat Studi Bahasa Jepang UI Depok. Tes tulis ini berupa tes bahasa Inggris dan Tes Bahasa Jepang. Untuk jurusan di luar bahasa Jepang jika tidak bisa menjawab boleh tidak mengisi soal bahasa Jepang. Ujian bahasa Inggris tipe soalnya sama dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk ujian bahasa Jepang  soal-soalnya setaraf dengan level 4 dan 3 atau level dasar.
Persiapan Wawancara
Pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan saat wawancara ada di forum Japan reference Jref Forum  (forum ini ada bagian mengenai beasiswa monbukagakusho, jadi para pelamar monbukagakusho dari berbagai Negara share di forum ini.
Questions:
1. Brief introduction in Japanese / Present yourself.
自己紹介をしてください!
2. Why do you want to study in Japan? / Why are you interested in Japan?
3. Why studying Japanese?
4. What do you know about Japanese Culture?
5. Why is your research important? / How will your project benefit to Japan, your country or to the world?
6. Why is it important for you to conduct your research in Japan? / Why did you choose Japan to study this topic? / Which Japanese schools you want to go to? / Why did you choose this professor?
7. Have you contacted any professors / universities?
8. Previous experience with Japan
9. Explain the research theme you submitted, why this theme? / What do you want to study? / Explain research proposal
10. Studying in Japan involves a lot of stress and pressure, do you feel you can handle it and how will you go about once there? / What kind of challenges might exist for you in Japan and how will you tackle them?
11. How you are going to improve the diplomatic/cultural/scientific relationship between Japan and your own country?
12. What do you intend to do after returning to your country / What’s your future plan?
13. What are you currently working at/ studying?
14. How are your current research/study related with your proposed research?
15. How did you come up with your research proposal? / Why are you interested in studying it?
16. What did you know about the city/ university choosen?
17. What do you know about the available associations, clubs, events that promote Japan in your country? have you joined any of them?
Sebelum pengumuman kelulusan saya sudah hapal point-point apa saja yang akan saya sampaikan. Sebelum ke Bandung, saya sempatkan untuk presentasi kurang lebih 5 menit di depan staf pengajar dan mahasiswa kampus yang berperan sebagai juri. Setelah.  Di Bandung saya latihan dengan marutani sensei (terima kasih buat staf  pengajar dan mahasiswa Cirebon serta marutani sensei atas kesediaan waktunya). Gunanya latihan wawancara di depan orang-orang yang memahami bahasa jepang agar kita mengetahu kira-kira pertanyaan apa yang akan dilontarkan oleh mereka setelah mendengarkan presentasi saya. Kurang lebih bisa menjadi gambaran mengenai pertanyaan-pertanyaan dari Para Juri selain referensi dari forum J-Ref Tentunya.
 -Bersambung-
sumber http://aininshofiawati.multiply.com

No comments:

Post a Comment