Monday 22 May 2017

Masuk SUCI 7

     woi apa kabar lu semua hahaha sudah lama udah ga blogging nih gara gara sibuk bengong sama do nothing in this live ciyaa gitu. gila lama gua ga buka blogger udah ada gembel tidur manja sama banyak sarang laba laba. bentar gua beres beres dulu ....hem malam ini gua bakalan ngulas ketika gua masuk suci ga tau sih tapi perasaan gua berkata "hem pasti banyak nih yang milih anis bas wedan" ya keknya banyak gitu yang bertanya kok gua bisa masuk suci 7 padahal audisi gua sampah dan gua ga sekeren temen temen finalis lainya. ya mudah mudahan ini buat motivasi juga buat tementemen yang masih mencintai dunia stand up comedy

    gua komika berasal dari pamulang komunitas kecil yang sangat membanggakan kecamatanya ketimbang kota tangselnya. because pamulang is the best place iya menurut warga pamulang. eh kalo gua ga lucu di tulisan sorry yak haha gua mau nulis serius kalo mau lucu nonton gua ajah di kompas tv hehe. iya gua bermula di komunitas ini blajar banyak dari kabil, bimo dan sahabat gua beno orang orang ini yang masih stay di komunitas karna yang lainya tidak lucu mereka minggat dengan alasan dunia luar. nah gua di kampus juga punya komunitas yang di kepalai kemal gifari dan zawinur ikram dan yang didirikan oleh iyam renzia. disini gua belajar banyak dan you know lah anak kampus selalu buat acara dan disitu lah jam terbang gua mulai banyak. nah itu asal muasal gua berkembang di stand up. punya dua komunitas dan masuk uin. haha bukan bukan . orang lupa kalo orang bisa karna biasa. gua pernah ngerasain fase ga lucu. fase di usir warga gara gara ngomong kontol. yah namanya juga komedi. semakin banyak jam terbang maka semakin matang seorang komika bertahan di panggung.

  gua mulai ikut audisi suci . itu 2014 akhir. suci 5 iya saat itu gua baru stand up 2 bulan. mancay yah baru dua bulan. gua audisi dan ga dikat tapiiii ga di komen juga '( . lalu gua blajar dikit demi sedikit kedewasaan menerima penolakan. sama kaya cowo di tolak cewe mungkin cewe itu ga suka sama lu atau emang lu ga pantes buat dia. jadi pr nya adalah memantaskan diri ya gak. jangan salahin juri tapi salahin diri lu kenapa lu blom pantes. nah 2015 gua blajar banyak dan baru masuk komunitas stand up uin dan banyak job off air yang di bayar nasi bungkus dan segelas aqua gadungan . yang mereknya indomaret, air gunung, air esia apa lah. gua ga peduli yang penting panggung. dan ke untungan nya gua masuk stand up uin gua punya panggung spesial di setiap ospek kita sekomunitas stand up ngelilingin kampus dengan crowd yang siap ketawa. dan ada stand up night dan gua termasuk salah satu line up nya. pokoknya banyak panggung yang gua jajahi tahun itu

   terus gua ikut audisi suci 6 manteb nih. gua usaha dengan buta karena gua masih ragu gua bisa dapet apa kaga. gua masih mikir materi gua masih sampah soalnya. tapi demi karier gua paksain gua audisi semarang. gua kesana dengan seorang anak anak yang tangkas dan juga pemberani ciyaa gitu gua bareng krabat gua bachrul alam nah dan hasilnya di KAAAT KAAT KAAAT karena gua garing bet. trus gua ikut audisi jakarta nah yang ini gua ga ngarep banget gua sadar kapasitas yang penting gua bisa temenin temen temen komunitas stand up pamulang yang blom pernah ngerasain audisi SUCI yang menurut gua sakral. kita happy happy walau kita yakin di cut semua tapi kita tetep senyum. gua dan sahabat gua beno janji bakalan ngejaga anak anak biar ga ngedown kalo di cut. dan bar ga nyebar pas disana. nah hari itu ga tau kenapa kita terlalu happy jadi lupa sma tujuan buat dapetin golden tiket haha. gua sama beno udah kaya biji dah becanda terus yakinin anak anak setidaknya ga di cut. pas gua masuk audisi beno masuk duluan (dengan hati yang bodo amat mau dapet mau engga) dan beno dapet golden tiket... semua berdiri serontak dan ada yang teriak PAMULANG DAPET GOLDEN TIKET. itu berita yang menyeramkan buat gua karena pamulang blom pernah ada yg dapet golden tiket. disitu gua merasa "yah gua udah ga bisa main lagi deh sama beno " tapi saat itu gua teriak dengki dalem hati "tai masa beno bisa gua engga" gua masuk ruang audisi hawanya memang mengusir kita untuk pergi gua tetep harus iket mereka. gua dengan jokes ketawa jaim. kena gua mulai mainin dengan materi yang di cut di semarang dan hup golden tiket ditangan yeaaaay... ya proses ga akan menyalahkan hasil

  tapi sedihnya beno di telpon dan gua engga. awalnya gua sedih kenapa ga di panggil dua duanya soalnya gua sama beno udah kaya biji. sedih sedih males stand up. ketika gua di komunitas uin ada jiwa jiwa besar nepuk pundak gua. "udah lah jup gausah di sesali. gua yakin lu di telpon lu bakalan kluar di awal. materi masih sampah. lu ngolah premis blom becus. punchline masih ketebak" dan saat itu gua bilang hemm oke deh.. dan stand up pamulang pun juga ada abang abangan gua bilang "udah jup gua yakin lu bakalan rajin nulis. ini waktunya kapasitas lu udah ada tinggal tunggu momen selanjutnya sapa tau lu masuk suci 7 dan lu bisa ngasih  hal yang jauh lebih baik dari hari ini" hemm oke deh  selang 3 minggu dari penelponan yang sedih itu hahaha. gua di telpon pihak kompas tv untuk ngisi acara stand up comedy seru (super). gila di telpon udah kaya ngajak jalan. "jupri kita dari kompas besok kosong ga? kalo kosong bisa ga stand up di super kampus esa unggul" ga pake pikir panjang  gua langsung bilang "bisaa pasti bisa" nah ini lah awal karir gua di televisi hehe. gua stand up dengan materi terbaik gua. dan alham dulillah respon pihak kompas dan pihak nitizen baik dan gua di panggil dengan jumlah yang banyak 6 kali. dan saat itu semua komik tau akan permainan gua di atas panggung. dan mungkin hal ini alasan kenapa kompas tv milih gua sebagai finalis. banyak dari komik yang dapet golden tiket yang ga di telpon malah masuk suca 2. jujur hati gua ga mau ikut kompetisi di indosiar itu. entah lah gua kurang ereget ajah hehe. dan jujur gua liat suci bukan ngeliat ajang pencarian bakkat yang buat orang terkenal. engga. yang gua tau suci itu adalah sekolah stand up comedy yang lulus lulusannya tuh berkarakter yang punya hasil yang keren gitu.

   dan yang terakhir yaah . eh sory yah kalo lu ga enak bacanya gara gara struk tur penulisan yang enak di baca gua blum pelajarin. haha lagi males banget ini cuman pengen banget curhat ajah gitu. dan di suci 7 ini gua kaya di kasih jalan ajah gitu di permudah. sampe banyak orang bilang "udah lah jup audisi ajah nanti juga dapet golden tiket" tapi jujur gua kalo di gituin di kasih ekspektasi tinggi malah merinding takutnya gua udah sombong sombong eh ga dapet . jeleeeeeb. ya gua tetep tawaduk saat itu dan gua tetep nulis ulang materi dan latihan terus buat audisi. denger denger audisi cuman 2 kota . itu ada berita audisi surabaya gua langsung mesen tiket ke surabaya dua bulan sebelum pemberangkatan. gua sadar kapasitas gua blum memumpuni makanya gua niat audisi dua kali sama kaya tahun lalu kalo materi gua gagal maka gua bisa coba di jakarta untuk materi yang lain. audisi gua gerogi parah. juri ketawanya sedikit dan mungkin gua di kut karena belibet tapui gua ga di kat. closingan jelek. hufft ternyata temen gua bener gua dapet golden tiket. gua sujud sukur bukan karena gua dapet golden tiket. tapi karena gua ga di kat padahal nge blank parah dan bawa materi sedikit sara. tapi alham dulilah gua dapet
   
     ya masih ga percaya gua bisa masuk dan udah 8 besar chimiwew iya tadi tulisan diatas gua nulisnya udah lama ini gua baru nulis lagi haha. shunggu kebodohan yang amat sangat haqiqi. banyak yang mau gua bicarain tapi yang jelas gua pengen trimakasih banyak untuk @standupindo yang menjadi wadah besar untuk komika indonesia buat @komtungtv dan @suci_kompastv yang udah memberi kesan yang baik dan mengasah hobi yang membuat orang ketawa ini. pokonya tanpa kalian kami tidak sekenal ini tentang stand up comedy di indonesia mungkin lebih suka jadi vocalist di cafe ketimbbang ngelawak. dan gua sangat berterimakasih buat @standuppamulang yang udah jadi rumah gua untuk beristirahat dan mengikat tali persaudaraan eh tali apa sih ya pokoknya tali la yah dan trimakasih buat @standupuin bujug buset itu komunitas udah kaya kolaan banyak banget ilmu yang gua dapet. mungkin karena dari berbagai komunitas masuk disitu jadi banyak ilmu yang tumpah kaya bang kemal gifari dari jakbar, bang dzawin dan fidi dari bogor, bang iyam sama dek arafah dari depok, bachrul dari kabupaten tanggerang dan banyak lagi gitu jadi puas ajah pas ngumpul dari sudut pandang yang berbeda. eh bodo amat lah ini klosing tulisan jelek . yang penting gua masuk suci 7 ngelewatin proses yang ga instan.. dan sulit banyak hinaan dan pesimis yang gua dapet. pkoknya harus berdarah darah kalo mau gapai sesuatu. see you kawaan wassalamu'alaikum

5 comments:

  1. Susah juga bang perjuangan nya, tapi ga nyangka jerih payah memang bener menghasilkan. Tetap semangat juga ah biar bisa kayak bang Jupri, siapa tau dapet nama panggilan hehe #maaf sok asyik..

    ReplyDelete
  2. Semangat bang Jupri, pertama liat di kompas tv pas show "aduan anak bontot" langsung sukaaaaaaa..... semoga jadi juara suci 7 :)

    ReplyDelete
  3. tetep selalu bersyukur sm allah yak bang jupri!

    ReplyDelete
  4. Gue malah garing sampai sekarang jup . Gue kira stand up itu mudah karna sejatinya gue sastra .. tapi alhasil gak semudah nulis buki untuk menguasai panggung . Dulu sebelum saya belajar nulis buku .saya bingung mau mulai dari mana dan akhirnya karna banyak membaca buku . Alhasil bisa namun sekarang permasalahan baru muncul yaitu susah nulis materi stand up . Tapi gue yakin bahwa gue bisa

    ReplyDelete