Tuesday 20 March 2018

Seminar Kreator Kekinian by Raditya Dika

Hallo sobat gen apakabar kalian semua. yey haha knapa gua pembukaan menggunakan semboyan Gen FM, soalnya gua masuk seminar #kreatorkekinian dengan free pas media. dan bos que di Gen bang Tomas ngasih kesempatan itu buat gua. seneng banget gua padahal emang pengen banget ikut tapi tiketnya lumayan mahal loh. kalo ga salah 250 rebu..huah gua liat posternya mantaeb yah sebelum gua rincian apa ajah yang ada di seminar itu gua mau curhat dulu ahahaha. iya kan posternya begini



gua jalan dari rumah ga langsung croscek, langsung bae jalan gua malah menuju ke balai sarbini, terlalu pede gua tai. pas sampe sarbini kok sepi eh ternyata di balai kartini shit. yah gimana yah mungkin gua blom bisa move on sama suci7 tapi yaudah lah gua liat di google map alhamdulillah balai kartini deket kan wah kayaknya ke utara yaudah gua masukin hp. jalan udah pede pede eh salah jalur . saat itu gua kesel banget kepala mau meledak. mana jakartakan jalanannya lancar jaya soalnya ga ada yang namanya puteran udah dah tuh habis gua muter jauh banget nyari bunderan. dalam hati gua hemmm rasanya gua mau buat bunderan baru dah bete bet gua. dan sampe sono tali busi copot jadi pa ke parkiran gua langsung dorong bae yah pelajaran baru sih liat baik baik mateng mateng kalo mau pergi ke acara. kalo acaranya jam 18.00 yaudah lu harus udah sampe jam 17.00 karna orang sukses tuh menghargai waktu. dan Raditya dika adalah orang yang sangat  tepat waktu sob. gua kemaren telat banget gua kira ga boleh masuk kalo telat ternyata pintu selalu terbuka. soalnya acara stand up bang radit pintu tertutup rapat telat tiket angus. ya hargai waktu lah "maaf ya bang Thom saya ga amanah"



pas nyampe sana gua langsung disuruh 
"mau wawancara apa langsung masuk mas, kan mas awak media gen kan" gua langsung shock  yah masak sih gua ngikut reporter dan alham dulillah kata bos que tidak usah interview, nonton ajah dan pelajari dengan baik, karena gua telat dateng jadi gua ga tau apa ajah seminar yang di beri oleh pembicara sebelum bang radit. tapi ada point yang penting dalam editing vlog bisa diliat ajah di youtubenya bang Anjas.

dan hal yang paling gua sebel dan terhibur sih. ketika sesi bang radith bersama mc si pandu raper tanggul, becandaa terus faedah dikit haha. mana joe taslim yang ada di bener di ajak ngobrol segala bang radit bilang 
"wah ada joe taslim jadi gimana menurut lu bang tentang seminar ini" di sodorin mic ke gambar joe taslim. "bang lu gimana sih masa ngasih mic kemata kaya srimulat lu. ini seminar ayu ah bang" segala orang mau nanya di maki maki dulu parah banget dah pandu sama radit.




Dan ini lah Rincian seminar kemarin yang gua datengin. hal apa ajah ajah yang ada di #kreatorkekinian by raditya dika.

1. Modal dalam menjadi kreator khususnya youtube adalah keresahan, kegelisahan apa yang lu mau angkat. jadi lu buat suatu karya dengan sangat jujur mau itu lu buat lucu sinema tografi atau apapun juga dan melegakan hati lu ajah susana hati lu bisa tumpah satu karya itu. 

2. Jangan pernah ingin jadi orang lain. sebagai kreator di youtube jadi diri sendiri ajah. yang lucu banyak yang videonya bagus banyak. lu ga perlu brusaha untuk lebih lucu, lu ga perlu brusaha untuk lebih bagus videonya yang lu butuhuin hanya beda. contohnya orang brulang kali menyensor makanan gua malah sebut sampe gua taro logonya dan gua adu lagi. dan itu beda dong blum pernah ada yang ngadu makanan dan ternyata banyak yang suka 
catatan* ketika lu udah beda, ketika lu udah menumpahkan keresahan lu, udah penonton yang mau nonton lu akan melekat sama diri lu. mungkin karena lu lucu atau video lu keren tapi yang jelas ketika keresahan lu dan kegelisahan lu tumpah di karya lu dan juga penonton memiliki keresahan yang sama otomatis penonton lu ga akan mau ngelepasin lu. jadi lah orang seperti itu bukan sebagai kreator yang plagiat ngikutin yang ngehits, buat nama nama biar orang ngeklick lu mau ditonton kan bukan mau di liat doang.

3. buat ajah karya buat ajah jangan mikirin komentar penonton. terus improve. nitizen tuh serem sih ya kalo lu mau jadi pekarya lu harus punya kuping yang tebel. pedulilah yang suport lu. haters akan selalu ada sampai hari kiamat.

4. gabung komunitas youtuber banyak di line ada di youtube ada sapa tau lu dapet pengetahuan tambahan

5. colabs cara colabs tuh jangan tiba tiba langsung colabs sama subscribenya tinggi colabs lah sama yang subscribenya sama kaya lu. lu punya subscribe 2000 colabs sama yang 2000 juga . cari nah makanya gunanya masuk komunitas youtube seperti itu. 

6. jangan males nulis. nulis terus karena 10 tulisan lu yang jelek akan menciptakan 1 tulisan lu yang bagus. jadi ga ada tuh space kekosongan lu selalu jadi kreator yang keren. 

7. buat video berkala jangan buru buru upload. mungkin karena lu lagi punya waktu luang yaudah lu pede ajah upload semua yang udah dibuat eh minggu depan lu sibuk dan youtube lu kaya stuck ga ada video lagi.  orang akan mikir lu ga productif dan cabut deh . 

8. untuk mengundang orang agar mereka mau iklanin product nya di konten lu. buat karyasatu ajah dan focus di satu konten itu. kata bang radit "kaya cewe gua di cuman riview makanan korea doang. udah dan sekarang dia di endors banyak restoran korea yang ada di jakarta" 

dan tambahan lagi dari gua JANGAN PERNAH PATAH SEMANGAT . MIKIR VIWER GA NAMABAH NAMABAH GA PERNAH DAPET DUIT YAUDAH BUAT AJAH DULU BUAT. JANGAN MANJA. JANGAN SOK SOKAN JENUH. NULIS TERUS. RADIT SELALU NULIS WALAU MOOD LAGI JELEK. ATAU LAGI JENUH. KALO MALES JANGAN NGELUH MATI AJAH HAHA 



1 comment: