Wednesday 23 January 2019

Iam working in Earhouse

 hallow boy and sister sudah dua minggu gua gak nulis gua rasa ga ada yang peduli juga dengan tulisan ini karena tulisan saya ga begitu penting untuk khalayak ramai jiyaaah. postingan terakhir ajah cuman dibaca 18 orang, sedih yak? hehe demi rutinitas yang memumpuni gua mulai mencoba nulis lagi di tengah keramaian orang. disela-sela kerja gua mencoba untuk berdamai membangun imaginasi agar menciptakan cerita-cerita yang bisa memberikan kesan yang baik untuk pembaca hehe. hemm gua akui awal tahun tuh adalah waktu yang rumit untuk gua ngebangun ekonomi disaku. job sulit karna banyak dari acara sedang mengumpulkan uang diawal tahun. nah biasanya diakhir tahun beberapa perusahaan dan Sekolah sekolah sedang foya foya menyambut tahun yang baru. ya siklusnya gitu terus ga pernah berhenti. walaupun pada awal tahun ada job stand up, pasti yang dipilih yang tenar dulu gua komik yang tidak begitu terkenal pasti menjadi pilihan sekian dan sekian.

makanya gua selalu menentukan kegiatan diawal tahun dengan kegiatan kegiatan selain berstand up ria. kaya tahun kemaren gua buka "warkop dong" walaupun tidak berjalan mulus dan tidak sesuai ekspektasi gua. gua lepas gitu ajah ketemen. dan lagi pula saat itu gua sedang sibuk sibuknya menjadi mentor suca nemenin bang david di indosiar. ada kesibukan lain rutinitas yang tidak diprioritaskan di lepas begitu saja. jahat sekali!!. tapi ya itulah siklus gua selalu haus untuk mencoba hal baru. tahun 2018 adalah tahun keemasan buat gua. job penuh uang mengalir indah ke samudra. sampe gua bisa beli ini itu dan dp rumah. lumayanlah pokoknya buat gua. dan saat tahun baru ini gua baru mikir lagi gua sudah tak sebeken dulu. tidak setenar 2017 tidak sejaya 2018 maka dari itu gua harus mencoba hal baru lagi tanpa harus meninggalkan stand up yang sudah membawa gua ketitik ini. I love stand up comedy.

mencari pekerjaan pun dimulai. gua liat ada pamplet EARHOUSE membutuhkan barista jujur gua udah dp rumah dan berfikir bakalan gua buat warung kopi dan gua mau bawa warkopdong' kesana tapi dengan nuansa 'coffee shop. pekerjaan inilah gua pilih. gua lempar CV full english biar kliatan keren walau gua tau, pasti gua diterima karna udah deket sama ownernya "kak endah dan Mas rhesa" bang kopai (manager earhouse) mikir " si jupri ngapain dah daftar disini, padahal udah diajak bang pandji jadi opener bla bla bla". gua denger berita itu dari sahabat gua yang sering nongkrong di pasar kita juga. langsung senyum sendiri. okeh lanjut dah iya kenapa gua milih jadi barista earhouse bukan barista di coffee shop yang lain, gara gara gua butuh ilmu musik, mc musik, dan check sound. itu ilmu yang ga ada sekolahnya ga ada tempat kursusnya harus terjun langsung well I can grab them here!

ada cerita menarik gua memilih pekerjaan ini guys. sebelum gua trining bikin kopi di earhouse . gua dipanggil 'Mari group' bos gua dari Gen fm ngajak gua interview untuk kerja di kantor tersebut. menara imperium lantai 19 wow udah kebayang dong kalo gua kerja disini bakalan jadi apa? abang abang ngantor coy. tetangga nanya mau kemana jup. ini mau ngantor dulu. pemikiran seketika berubah ingin rasanya jadi karyawan. mungkin interview ini sangat amat mendadak tapi gua tetep dateng untuk menjawab semua pertanyaan pak bos, sapa tau ada hal yang menarik hati gua untuk. yang tadiny ingin menyibukan diri untuk berkarya malah jadi mau bekerja ajah menghilangkan idealis demi uang dan uang. sore itu gua di interview dilantai 19
"jup jadi kami butuh producer konten untuk suatu aplikasi, sebelum lu menerima pekerjaan ini lu harus tau! lu pure berkerja udah bukan lagi sebagai talent tapi orang dibelakang layar yang berarti you work as employer - karyawan jup. kerja dari senin sampai jum'at"
"kalo jupri ada job stand up gimana"
"ya lu ga boleh ambil job hari senin sampai jum'at"
"hemm nanti jupri pikirin lagi ya bang"
"jup pikir mateng mateng. kalo lu disini lu jelas ada gaji tetap yang kedua lu bisa dapet asuransi ketenaga kerjaan man kalo istrilu lahiran lu gaharus ngeluarin biaya jup. banyak keuntungan ketika lu kerja disini. tapi lu harus fokus pada konten yang akan tayang. dan semua yang lubuat itu atas nama perusahaan jadi tanggung jawabnya lebih besar lagi jup"

pulang dari interview gua mulai mrenung disamping gua butuh uang, disamping itu juga gua mau belajar banyak di earhouse. sampe dijalan gua masih kepikiran pekerjaan apa yang bakalan gua ambil. I need money god. gua pulang langsung curhat ke bokap gua. dan apa yang bokap gua katakan? 

"aku sih lebih milih kamu di cafe itu pri ketimbang ngantor kamu harus nga isin waktu disitu monoton "
"trus apa lagi yah"
"iya pasti ada chanel juga di cafe itu. malah bagusan kerja disitu. mumpung masih muda pri perlu banyak belajar. butuh banyak batu untuk loncat, kalo kerja disatu tempat nanti kamunya bosen"
"kamu masih begitu muda untuk melakukan hal yang sama dengan waktu yang lama. mumpung masih mudah alangkah baiknya melakukan hal hal yang baru buat bekel tua nanti"

ga banyak nanya lagi gua langsung simpulin bahwa ayah ngarep gua kaya dia. walaupun ga punya banyak uang tapi bisa melakukan banyak hal. hehe kalo kalian blom tau bokap gua, gua kasih tau bliau tuh semua dijabanin mulai dari masang tembok, masang saluran air, masang pintu, plafon, listrik seperti kuli bangunan yang multi talent. banyak yang menyampingkan pekerjaan ini tapi gua bersyukur gua punya ayah yang bisa segalanya tentang rumah. jadi mau keadaan sesulit apapun gua tinggal dirumah dengan penuh ketenangan. tidak bocor dan tidak ada hal hal yang membahayakan kluarga. contoh ajah lemari gantung yang menewaskan ibu rumah tangga. betapa cerobohnya suaminya udah dibilang dua minggu yang lalu kalo lemari mau jatoh dan apa yang dilakukan suaminya "iya nanti" coba kalo suaminya adalah gua atau ayah hehe pasti langsung cabut. masangnya nanti asal ga ngebahayain. 


ohiya balik lagi atas kebimbangan yang gua terima saat itu. memilih menjadi karyawan atau meniadi barista yang bebas melakukan banyak hal. gua langsung ketemu pacar gua. cerita semuanya dan jawabanya aga seger sih. "gua sih prefer ngikutin kata bokap lu, uang bisa dicari dimana mana tapi ilmu dan ikatan sulit untuk ditemukan" lalu kita bahas persoalan yang lain tentang hubungan gua dengan dia yang jauh lebih manis dari cerita uang hidup dan pekerjaan. pulang dari pertemuan itu gua langsung siapkan mental.


gua yakin banyak dari temen gua yang berfikir "ya ampun jupri rendah banget sampe nyari duit jadi barista" itu sudah gua tanggung dan gua pikir matang matang. dan gua juga takut bos gen fm yang gua hormati malah benci gua karna gua menghilangkan kesempatan emas gua untuk bekerja sebagai tangan kanannya di konten aplikasi di prusahaanya. tak berpanjang kalam. gua langsung hubungi bos gua dan bilang 
" maaf banget ya mas tomas jupri ga ngambil pekerjaan yang mas tawarkan. jujur jupri makasih banget udah ditawarin kerja tapi jupri blum mampu mengambil pekerjaan itu"
"ga papa jup hidup pilihan. tapi lu masih tetep mau kan jadi talent kalo kita ada acara"
"pasti dong kapan pun bang tomas butuh jupri datang kok" 


sebetulnya gua ga pandai untuk bercerita lewat tulisan. tapi gua seneng pilihan gua ga salah. gua kerja di earhous banyak ilmu yang gua dapet mualai dari MC musik karna sering liat mba endah nge prisen musisi. apik dan keren. trus belajar motret banyak anak potografer yang handal disini. percayalah gua mungkin akan bertahan lama disini. karna gua ga mau keluar sebelum gua dapet apa yang gua mau zehahaha. oke segitu ajah dari gua. kurang levihnya gua mohon maaf.

















No comments:

Post a Comment